Profil

FAUZAN,  lahir di Sliyeg Indramayu, pada tanggal 07 November 1976. Setelah menyelesaikan sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Sliyeg Indramayu pada tahun 1989, ia melanjutkan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ciwaringin Cirebon sambil ikut ngaji di Pondok Pesantren As-Salafie dan mengikuti pendidikan sore di Madrasah al-Hikamus Salafiyah (MHS) di daerah yang sama hingga tahun 1995. Setelah itu, ia melanjutkan “nyantri” di Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Setelah itu pendidikan ia lanjutkan ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (sekarang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Fak. Tarbiyah dan memperoleh gelar Sarjana Agama (S.Ag) pada tahun 2001. Setelah itu –di tahun kelulusannya—dengan penuh semangat melanjutkan ke Program Pascasarjana  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan menggondol gelar Magister of Art (MA) pada bulan Oktober 2003, dengan judul Tesis Analisis Kebijakan Pemerintah Terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di Indonesia. Pada tahun 2009 ia melanjutkan ke Program Doktor (S3) dengan pilihan prodi Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, lulus pada April 2014 dengan hasil yang memuaskan.

            Semasa kuliah, ia aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, baik di intra maupun ekstra kampus. Di intra, ia pernah menjadi Sekretaris Umum HMJ PAI tahun 1997, Ketua BEM Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada tahun 1999, dan Sekjen BEM IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk periode 2000-2001. Sementara di ekstra, ia pernah menjabat  Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Gunung Djati (KMSGD) periode 1998-2000, dan juga aktif dalam Ikatan Mutakhorrijin Madrasah Aliyah Negeri (IMMAN) Ciwaringin Cirebon Cab. Jakarta. Selain bertugas sebagai dosen mata kuliah Pengantar Kurikulum dan Landasan Pendidikan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ia pernah menjabat Sekretaris Jurusan Kependidikan Islam (2010-2011), Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (2011-2014), serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni (2015-2019) di fakultas yang sama. 

            Di sela-sela kesibukannya, ia masih menyempatkan waktunya untuk menulis dan meneliti hal-hal yang terkait dengan pendidikan. Beberapa tulisan yang dipublikasikan dalam jurnal dan buku  antara lain,  Model Pembelajaran Cooperative And Interactive Learning Di Lembaga Pendidikan Pesantren (Jurnal Didaktika Islamika FITK UIN Jakarta, Vol. XI, No. 1, Juni 2011),  INTEGRATED CURRICULUM: Upaya Alternatif Menghadapi Problematika Masyarakat (Jurnal Didaktika Islamika FITK UIN Jakarta, Vol. XI, No. 2, Desember 2011), Peralihan Paradigmatik Pengelolaan Perguruan Tinggi (MIMBAR (Jurnal Agama dan Budaya UIN Jakarta) Vol. 26, No. 4, 2009), Tinjauan Pendidikan Islam terhadap PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (TAHDZIB (Jurnal Pendidikan Agama Islam), Vol. II, No. 2, Juli 2008, (Jakarta: PAI UIN Jakarta), Model Integrasi Keilmuan (DIDAIKTIKA (Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta) Vol. XI, No. 2 Desember 2008), Membincang Tradisi dan Lembaga Pendidikan Islam di Asia Tenggara (Studi Kasus Indonesia Malaysia), Prenada Media Jakarta, 2008), Perlunya Penelusuran Kembali sejarah Sosial Pendidikan Islam dalam buku Sejarah Sosial pendidikan Islam,  Prenada Media Jakarta, 2008.  Hasil penelitian dilakukan selama lima tahun terakhir antara lain: Profesionalisme Guru Pasca sertifikasi (Studi Evaluasi Guru Madrasah di Tangerang Selatan), (FITK UIN Jakarta, 2012), Integrasi Keilmuan dalam Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum di Universitas Islam Negeri (UIN) se-Indonesia (Lemlit UIN Jakarta 2010), Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia: Evaluasi Kebijakan Transformasi IAIN menjadi UIN, (Lemlit UIN Jakarta, 2009), Persepsi dan Respon Dosen dan Karyawan terhadap Rencana Peningkatan Kinerja Pelayanan Melalui Pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) di Lingkungan UIN Jakarta, (Lemlit UIN Jakarta 2008), Persepsi dan Respon Masyarakat DKI Jakarta terhadap UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Penelitian Kompetitif Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Lemlit UIN Jakarta tahun 2007), Legislasi dan Regulasi Pendidikan Keagamaan Pasca Otonomi Daerah, (Kerjasama Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, Departemen Agama RI, 2007).  

ą
FAUZAN Dr.,
23 Jul 2015 01.05
Comments